Jumat, 23 Desember 2016

Baksos Pengobatan Gratis Hijamah (Bekam)


Beberapa saat sebelum shalat Jum`at, unit volunteer For Ummah Care mulai melakukan persiapan final untuk menggelar acara bakti sosial berupa
pengobatan hijamah/bekam. Team yang akan terlibat dalam bakti sosial (baksos) membersihkan peralatan bekam, mengemas alat-alat kesehatan serta obat-obatan. Disaat semua sedang sibuk dengan tugas masing-masingnya, tetiba seorang warga muncul di depan pintu, sambil mengucap salam dia pun lantas duduk disana dan memulai obrolan.

“Saya nanti tolong yang pertama dibekam ya, badan udah pada gak enak ini,” ujarnya dengan ramah. Ketika ditanya apakah dia memang pernah dibekam sebelumnya, ternyata dijawab belum pernah, hanya dulu suka dikop (bekam kering dengan pakai gelas) untuk mengobati masuk angin. Selanjutnya kami pun larut dalam obrolan santai bersama bapak tadi hingga datangnya waktu shalat Jum`at.

Beberapa hari sebelumnya telah diumumkan ke masyarakat setempat akan diadakannya pengobatan gratis hijamah/bekam ini, sehingga banyak warga – apalagi yang belum mengenal bekam – penasaran dan antusias ingin mencoba ataupun sekedar melihat terlebih dahulu. Setelah selesai shalat Jum`at saat team volunteer For Ummah Care menata tempat untuk acara, warga sudah mulai berdatangan untuk mendaftar, padahal baksos belum lagi kami buka. Masya Allah.

Pengobatan hijamah atau bekam gratis ini merupakan kegiatan bakti sosial dari For Ummah Care berlangsung di masjid jamie` Al-Ishlah yang terletak di kampung Cibatur Wetan desa Mangkubumi, kota Tasikmalaya Jawa Barat. Ini merupakan salah satu program nyata lapangan kami untuk berada sedekat mungkin bersama ummah dengan memberikan kontribusi positif dan kemaslahatan, ini juga merupakan salah bentuk syiar dalam dunia pengobatan dan kesehatan, serta mengenalkannya sebagai salah satu sunnah Nabi SAW sebagaimana pendapat sebagian para ulama.


Dibawah ini adalah sebagian foto-foto kegiatan bakti sosial pengobatan gratis hijamah/bekam tersebut.

















For Ummah Care

Admin

For Ummah Care adalah Badan Penerimaan dan Penyaluran (BPP) Zakat, Infaq dan Sedekah yang merupakan unit khusus dari Halaqah Tahfidz Al-Qur`an (HTA) Abdullah bin Abbas. Untuk saat ini wilayah aktivitasnya terutama masih di Tasikmalaya dan umumnya di daerah-daerah sekitarnya (Priangan Timur).